TORAK PISTON
Batang torak diikiat
pada pena engkol dengan perantaraan pena engkol yg ujung atas di hubungkan pada
piston dengan perantaraan pin piston. Batang torak adalah baja tempa campuran
dengan mempunyai tegangan yg di lengkapi kekuatan tinggi dan ringan.pada tiap
tenaga meneka batang torak memperoleh muatan besar.tenaga itu mempunyai
perlawanan di antara 10-20 kN atau 1000-2000 kg tanpa bengkok (dalam mesin
diesel tenaga di terima batang torak ada beberapa kali lebih tinggi).
Berat batang torak harus
lebih kecil mungkin untuk mengurangi beban mantalan gaya sentrifugal dari gaya
berat dan pada batas insersia dari bolak-balik.pada TMA dan TMB berat lengan
bolak balik mempunyai penurunan untuk melawannya hanya dengan percepatan yang
CEPAT,batang torak yg ringan maksudnya kecil tenaga yg hilang dari perlambatan
dan percepatan.jika mesin berputar tanpa gerakan dan muatan tidak sama pada
poros engkol dan bantalan,batang torak dalam mesin harus beratnya sama. Dengan
kata lain ketelitian perencanaan bobot keseimbangan poros engkol harus di
persamakan dengan ketelitian yg sama
pada berat torak yang sesuai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar