GERAKAN ENGKOL/POROS ENGKOL
Gerakan engkol termasuk dengan poros engkol dan komponen yg terhubung pada poros
engkol,bantalan utama,roda penerus ,batan torak dengan bantalan dan piston
dengan pena piston,ring piston seluruhnya gerakan engkol.
Poros terpengaruh
pada jenis muatan yg meminta bahan perancang dan tempat yang kuat.
Apabila poros engkol
berputar di pengaruhi gaya sentripugal
ukuran yang berhubungan pada kecepatan poros engkol dan beratnya engkol dan
bagian bawah batang torak.
Gaya di sesuaikan
dengan bobot penyeimbang yang di buat sedemikian rupa dan kuncinya mencegah
besarnya gaya sentripugal engkol dan batang torak.
Dua gaya penyeimbang
satu dengan yang lainnya.
Gaya puntir terjadi
dalam poros engkol pada tiap dorongan tenaga dari silinder.
Gaya di pindahkan
dari engkol ke roda penerus dan selama perpindahan gaya putiran getaran
terjadi.
Poros engkol
terpengaruh beberapa penyimpangan elatik karena dorongan tenaga dan kemudian
kembali lagi pada kemudian lagi pada bentuk normalnya.
Apabila penyimpangan
itu kembali lagi meleset juga dari bentuk normalnya.hal getaran yg cepat dapat
menimbulkan poros engkol rusak.
Menurut penurunan dan
penetralan getaran poros engkol di lengkapi dengan peredam getaran (peredam
getaran puntiran) yang ditempatkan paling depan poros engkol.peredam getaran
terdiri dari ring peredam yg melinting duduk pada poros engkol.penyimpangan
poros engkol menyebabkan sesekali pertambahan dan penurunan dalam kecepatan hub
(leher poros).
Variasi kecepatan
dihalangi oleh kelembaban ring tidak seimbang poros engkol menimbulkan getaran
pada poros engkol dan getaran dalam mesin.
Ketidak seimbang
dalam putaran sebuh bodi yang terjadi apabila putaran-putaran dan garis tengah
gaya berat poros tidak bersama,jika poros seimbang tidak statis memukul bidang
menjadi longgar poros tidak kan terdapat posisi keseimbangan.
Poros dapat
mengakibatkan getaran rata jika keseimbangan stati terjadi apabila poros
berputar saling memotong oleh garis tengah gaya berat poros.poros kemudian
tidak seimbang dan getaran bertambah apabila kecepatan bertambah,dengan
pembukaan daerah pukulan garis tengah gaya berat poros adalah bekerja hingga
bersamaan waktu dengan putaran poros dan poros kemudian statis dan keseimbangan
dinamis.
Poros benar-benar
seimbang dalam alat khusus dan ketidak seimbangan adalah di perbaiki dengan
mengurangi bahan dari pipi engkol atau bobot dengan pembakaran atau
pengerindaan.poros engkol
Biasanya tempat atau
tuangan sempurna.bahannya adalah campuran baja tegangan tinggi. Krom nikel atau
khorme mangan silikon adalh biasnya di tempa. Poros engkol di buat sebatang
baja tempaan dan poros engkol dengan bobot pengimbang yang di ikat dengan baut.
Gambar gerakan engkol (statis tidak seimbang )
Poros engkol untuk mesin
segaris selalu mempunyai pena engkol untuk tiap batang torak dan silinder
karena batang torak mesin jenis V lebih besar sering di hubungkan pada pena
engkol berpasangan.
Gambar poros utama (poros engkol)
Gambar poros utama (poros engkol)
poros utama dan pena engkol
ketelitianya sangat tinggi.ketirusan dan oval yang diijinkan untuk mesin umunya
adalah 0,005 mm.
Permukaan bantalan di keraskan
dan di haluskan selama putaran poros utama dan pena engkol aus.
Oval dan ketirusan yg di
perkenan kan untuk keausan poros engkol sekitar 0,04-0,05 mm tetapi kejdian
nyata penyimpangan yg di perkenan kan hanya 0,02 mm.
Tumpuan poros engkol dalam blok
silinder pada bantalan utama di buat bantaln sederhana misalnya daun dan
bush,umunya jenis mesin bensin dua tak mengunakan bantalan bola atau bantalan
peluru.
Gamabar blok slinder
pada bantalan utama
Sebuah bantalan utama dilengkapi
dengan bantalan penekan dalam tugas untuk menjaga poros engkol,lokasinya
terbatas dan mengatur tekanan aksial membebaskan alat penghubung yakni kopling.
Poros utama mempunyai kesusuaian dengan permukaan bantalan yg di sebut bantalan
penekan dapat juga di buat dengan flens pada kedua sisi dari permukaan sisi
ligkaran bantalan.
Gambar tutup dan bantala utama poros engkol
Poros engkol di bor untuk
saluran pelumasan bantalan,pelumas di tekan dalam bantalan utama dan mengalir
melalui lubang pelumas pada bantalan pena penerus.
Gamabar blok silinder
mas mohon bimbingan nya?? jika mesin dong feng Gak bisa di engkol atau roda G bisa berputar apa ya kendala atau penyebab nya?? mohon penjelasan nya mas.......
BalasHapus