Jumat, 14 Oktober 2016

GERAKAN ENGKOL/POROS ENGKOL

GERAKAN ENGKOL/POROS ENGKOL

Gerakan engkol termasuk dengan poros engkol  dan komponen yg terhubung pada poros engkol,bantalan utama,roda penerus ,batan torak dengan bantalan dan piston dengan pena piston,ring piston seluruhnya gerakan engkol.

Poros terpengaruh pada jenis muatan yg meminta bahan perancang dan tempat yang kuat.
Apabila poros engkol berputar di pengaruhi  gaya sentripugal ukuran yang berhubungan pada kecepatan poros engkol dan beratnya engkol dan bagian bawah batang torak.
Gaya di sesuaikan dengan bobot penyeimbang yang di buat sedemikian rupa dan kuncinya mencegah besarnya gaya sentripugal engkol dan batang torak.
Dua gaya penyeimbang satu dengan yang lainnya.
Gaya puntir terjadi dalam poros engkol pada tiap dorongan tenaga dari silinder.
Gaya di pindahkan dari engkol ke roda penerus dan selama perpindahan gaya putiran getaran terjadi.
Poros engkol terpengaruh beberapa penyimpangan elatik karena dorongan tenaga dan kemudian kembali lagi pada kemudian lagi pada bentuk normalnya.


Apabila penyimpangan itu kembali lagi meleset juga dari bentuk normalnya.hal getaran yg cepat dapat menimbulkan poros engkol rusak.

Hasil gambar untuk GAMBAR  gerakan poros utama piston mobil

Menurut penurunan dan penetralan getaran poros engkol di lengkapi dengan peredam getaran (peredam getaran puntiran) yang ditempatkan paling depan poros engkol.peredam getaran terdiri dari ring peredam yg melinting duduk pada poros engkol.penyimpangan poros engkol menyebabkan sesekali pertambahan dan penurunan dalam kecepatan hub (leher poros).
Variasi kecepatan dihalangi oleh kelembaban ring tidak seimbang poros engkol menimbulkan getaran pada poros engkol dan getaran dalam mesin.

Ketidak seimbang dalam putaran sebuh bodi yang terjadi apabila putaran-putaran dan garis tengah gaya berat poros tidak bersama,jika poros seimbang tidak statis memukul bidang menjadi longgar poros tidak kan terdapat posisi keseimbangan.

Poros dapat mengakibatkan getaran rata jika keseimbangan stati terjadi apabila poros berputar saling memotong oleh garis tengah gaya berat poros.poros kemudian tidak seimbang dan getaran bertambah apabila kecepatan bertambah,dengan pembukaan daerah pukulan garis tengah gaya berat poros adalah bekerja hingga bersamaan waktu dengan putaran poros dan poros kemudian statis dan keseimbangan dinamis.

Poros benar-benar seimbang dalam alat khusus dan ketidak seimbangan adalah di perbaiki dengan mengurangi bahan dari pipi engkol atau bobot dengan pembakaran atau pengerindaan.poros engkol
Biasanya tempat atau tuangan sempurna.bahannya adalah campuran baja tegangan tinggi. Krom nikel atau khorme mangan silikon adalh biasnya di tempa. Poros engkol di buat sebatang baja tempaan dan poros engkol dengan bobot pengimbang yang di ikat dengan baut.

Gambar gerakan engkol  (statis tidak seimbang )Hasil gambar untuk GAMBAR  gerakan engkol piston


Poros engkol untuk mesin segaris selalu mempunyai pena engkol untuk tiap batang torak dan silinder karena batang torak mesin jenis V lebih besar sering di hubungkan pada pena engkol berpasangan.

Gambar poros utama (poros engkol)
Gambar poros utama (poros engkol)
 Hasil gambar untuk GAMBAR blok silinder dan bantalan utama piston
poros utama dan pena engkol ketelitianya sangat tinggi.ketirusan dan oval yang diijinkan untuk mesin umunya adalah 0,005 mm.
Permukaan bantalan di keraskan dan di haluskan selama putaran poros utama dan pena engkol aus.
Oval dan ketirusan yg di perkenan kan untuk keausan poros engkol sekitar 0,04-0,05 mm tetapi kejdian nyata penyimpangan yg di perkenan kan hanya 0,02 mm.
Tumpuan poros engkol dalam blok silinder pada bantalan utama di buat bantaln sederhana misalnya daun dan bush,umunya jenis mesin bensin dua tak mengunakan bantalan bola atau bantalan peluru.
 Gamabar blok slinder pada bantalan utama
Hasil gambar untuk GAMBAR blok silinder dan bantalan utama piston

Sebuah bantalan utama dilengkapi dengan bantalan penekan dalam tugas untuk menjaga poros engkol,lokasinya terbatas dan mengatur tekanan aksial membebaskan alat penghubung yakni kopling. Poros utama mempunyai kesusuaian dengan permukaan bantalan yg di sebut bantalan penekan dapat juga di buat dengan flens pada kedua sisi dari permukaan sisi ligkaran bantalan.

Gambar tutup dan bantala utama poros engkol
Hasil gambar untuk GAMBAR tutup dan bantalan poros utama piston

Poros engkol di bor untuk saluran pelumasan bantalan,pelumas di tekan dalam bantalan utama dan mengalir melalui lubang pelumas pada bantalan pena penerus.

Gamabar blok silinder
Hasil gambar untuk GAMBAR blok silinder piston


1 komentar:

  1. mas mohon bimbingan nya?? jika mesin dong feng Gak bisa di engkol atau roda G bisa berputar apa ya kendala atau penyebab nya?? mohon penjelasan nya mas.......

    BalasHapus