Pengertian klakson & Sistem klakson
- A. Pengertian & Fungsi klakson
Klakson merupakan alat untuk berkomunikasi antara pengemudi kendaraan yang satu dengan yang lainnya. Klakson digunakan saat pengemudi ingin”berbicara” atau memberi isarat kepada pengemudi yang lain untuk keselamatan dan keamanan kedua belah pihak, misalnya, ketika hendak mendahului, meminta ruang jalan, dan sebagainya.Sedangkan bunyi itu timbul karena adanya getaran. Agar klakson dapat di dengar dengan baik dan sesuai dengan peraturan pemerintah, maka klakson harus mempunyai frekuensi getaran antara 1800-3550Hz
Karena kegunaannya untuk berkomunikasi antar pengendara, maka klakson seharusnya baru digunakan ketika ada keperluan komunikasi tersebut.
Klakson yang tidak berbunyi bisa disebabkan oleh kontak – kontak yang menghubungkan klakson dengan sumber arusnya terputus, kendor, atau kotor. Hubungan klakson dengan sumber arus yang terputus mengakibatkan membran pada klakson tidak bisa bergetar, karena tidak terjadi kemagnetan. Dengan tidak adanya getaran membran tersebut maka tidak akan timbul bunyi. Kontak – kontak atau sambungan yang kendor juga menghambat jalannya arus listrik sehingga arus yang mengalir menjadi sangat kecil dan tidak mampu menimbulkan kemagnetan yang kuat sehingga membran hanya dapat bergetar lemah, sehingga bunyi yang dihasilkannya pun kurang keras. Kontak – kontak yang kotor sama halnya dengan kontak – kontak yang kendor.
- B. Cara kerja rangkaian & gambar rangkaian
Berikut adalah rangkaian sederhana klakson mobil yang di gunakan untuk kendaraan secara umum.
Komponen utama rangkaian yang di pakai:
- Relay klakson
- Saklar klakson
- Klakson
Cara kerja rangkaian:
- Arus listrik stand by + 12 volt terdapat di sekring dan kaki relay no 1 dan 3
- Saat switch horn/saklar klakson terhubung dengan menekan saklar klakson atau horn pad di kemudi, arus listrik mengalir melewati kumparan relay dan terdapat beda potensial atau tegangan di kaki relay no 1 dan 2,
- Terbentuk medan magnet di relay untuk menarik kontak relay dan menghubungkan terminal 3 dengan 4, arus listrik mengalir dari terminal 3 ke terminal 4 relay menuju klakson ke ground, sehingga klakson bunyi.
Gambar rangkaian klakson
- Jika horn pad di kemudi atau steer ditekan akan terdengar suara relay terhubung, tetapi klakson tidak bunyi kemungkinan klakson rusak atau relay rusak. Relay rusak bisa karena kontak relay kotor atau berkerak sehingga tidak terhubung dengan baik atau kontak relay patah.
- Jika horn pad di kemudi di tekan tidak terdengar suara relay, kemungkinan fuse horn atau sekring klakson putus, kalau sekring klakson tidak putus kemungkinan kumparan relay putus atau jalur sepanjang relay kaki no 2 menuju ground putus termasuk horn pad rusak, silakan lihat klakson tidak bunyi saat belok
Tidak ada komentar:
Posting Komentar