Rabu, 16 November 2016

PANGHANTAR KATUP CILINDER HEAD

PENGAHANTAR KATUP 

CLINDER HEAD

Penghantar Katup "Cylinder head " penghantar katup yang Dapat Dilepas - Penghantar katup dalam konstruksi cylinder head memanglah sangat penting, selain itu, juga merupakan pengantar katup juga memiliki fungsi untuk menjamin kerja katup untuk dapat bekerja dengan benar terhadap dudukanya guna untuk menghindari kebocoran antara katup dengan dudukan.

Antara pengantar katup dengan batang katup terdapat dua cara pengukuran, antara lain :
  • Mengarahkan jarum ke kepala katup atau jumlah batang katup juga menempatkan Dial indikator pada cylinder head. Kemudian baca pergeseran jarum indikator katup pada skala setelah menggerakan katup dari satu sisi lain. Dengan melalui metode ini akan dapat memberi celah antara penghantar dengan batang katup dan tidak dapat mengetahui keausan. Lihat gambar.
  • Micrometer dan telascopic gauge merupakan alat yang dapat digunakan untuk pengukuran yang lebih tepat.
Gambar DTI pada cylinder head

Gambar DTI pada ujung batang katup
Penghantar Integral dan penghantar yang disisipkan dapat dilepas merupakan dua jenis penghantar katup yang dapat digunakan pada engine secara umum. Sedangkan untuk penghantar katup yang tidak dapat dilepas atau yang disebut dengan penghantar katup integral pada clinder head dengan menggunakan bahan besi tuang kelabu yang secara bersama- sama penghantar dicetak menjadi satu kesatuan sebagai bagian dari cylinder head original.

Penghantar integral yang secara menyatu yang di cetak bersama cylinder head merupakan keuntungan penghantar dari katup integral, sehingga sangat efisien perpindahan panas dari katup  ke air pendingin. Pada cylinder head yang terbuat dari besi tuang kelabu memiliki tingkat keausan penghantar katup yang lebih baik. Sedangkan untuk meraklamasi atau rekondisi penghantar katup integral dapat dilakukan dalam tiga metode, antara lain :

Tiga Metode meraklamasi katup integral

  • Menggunakan batang katup yang oversize dan Diameter dalam penghantar katup di rimer.
Gambar Merimer Penghantar Katup 
  • Guna untuk memberi sleeve yang baru merupakan hal yang diperlukan untuk mengembalikan ukuran penghantar katup dan pada umumnya di rimer pada penghantar katup dan selanjutnya dimasukan boss kedalam penghantar yang telah di rimer dengan menekan dengan tepat sebagai cara yang tepat. Selanjutnya adalah boss yang baru dirimer dengan 3 tingkatan hingga mendapatkan celah antara batang katup dengan penghantar katup dengan tepat sesuai spesifikasi.
Gambar Pelumasan pada penghantar katup

Penghantar Katup yang Dapat Dilepas

Untuk penghantar katup yang dapat dilepas digunakan pada cylinder head yang terbuat dari bahan alumunium karena bahan alumunium merupakan bahan lunak dan umur pemakaian penghantar katup yang lebih pendek. Sedangkan katup dari bahan baja sangat diperlukan untuk dapat mengatasi masalah ini.

Sebelum melepas penghantar katup perlu untuk meneliti terlebih dahulu akan adanya kerusakan seperti coakan terbakar, timbunan karbon yang menyebabkan dapat merusakan lubang pada saat penghantar katup dilepas.

Selanjutnya cylinder head perlu untuk dipanaskan terlebih dahulu hingga 90 derajat celicus, dan penghantar katup dilepaskan setelah mencapai temperatur dengan cara menekan dengan pendorong khusus. Lihat gambar.

Gambar Memanaskan Cylinder head 
Gambar Mendorong penghantar katup
Untuk selanjutnya adalah cara memasang kembali katup dan lubang katup telah bersih dengan temperatur 90 derajat celcius, dan perlu digunakan oli ringan pada penghantar katup dan memasukan ke lubang pada cylinder head melalui alat hingga posisi tepat dengan menggunakan alat pendorong. Alat yang digunakan untuk penghantar katup yang dapat dilepas dengan menggunakan cara kmurling atau bushing plat tipis.

Kebocoran terjadi dan menimbulkan asap disebabkan celah yang terlalu besar dan oli bocor masuk ruang bakar serta timbunan karbon pada katup ruang bakar dan kepala piston, dan apabila celah antara penghantar dengan batang katup melebihi spesifikasi makan akan berakibat seal tidak dapat mengontrol oli yang mengaliri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar