Senin, 26 September 2016

fungsi alternator


FUNGSI ALTERNATOR

Jadi untuk mobil bisa dipasang alternator agar bisa menghasilkan listrik,nah disini saya akan memberi tahu apa fungsi alternatok lebih detail.selamat memahami kawan2


        Fungsi Alternator Mobil
Alternator pada mobil merupakan komponen yang penting di bagian mobil terutama untuk sistem kelistrikan. Sebelum kita mengetahui apa fungsi dari alternator sebaiknya anda mengetahui pengertian atau apa yang dimaksud dengan alternator mobil. Alternator adalah peralatan elektromekanis yang mengkonversikan energi mekanik menjadi energi listrik arus bolak-balik, pada prinsipnya generator listrik arus bolak-balik disebut dengan alternator, tetapi pengertian yang berlaku umum adalah generator listrik pada mesin kendaraan seperti mobil. Jadi fungsi alternator adalah penghasil listrik untuk kebutuhan kendaraan mobil seperti AC mobil, lampu penerangan, menghidupkan starter mobil, TV/DVD, dan lain-lain.
Cara Kerja Alternator Mobil


Altenator atau sering disebut dengan dinamo ampere merupakan komponen yang paling berperan dalam sistem pengisian. Alternator berfungsi untuk menghasilkan listrik yang kemudian disimpan dalam aki (charge). Cara kerja Altenator bergerak oleh karena adanya gerakan tali kipas yang dihubungkan pada poros engkol (poros utama). Jadi selama mesin berputar, alternator akan ikut berputar. Putaran alternator inilah yang menghasilkan listrik pada aki. Jadi aki selalu bisa dicharge saat mesin hidup.
Berikut ini beberapa gejala kerusakan pada alternator yang perlu diperhatikan :
1. Lampu indikator kadang menyala dan kadang padam.
Penyebab : Carbon brush pada alternator sudah pendek (habis) dan ujungnya tidak menyentuh rotor (angker).
Tindakan : Ganti carbon brush
2. Lampu indikator CHG tiba-tiba menyala
Penyebab : Carbon brus habis (pendek) atau soket terminal kabel alternator terlepas.
Tindakan : Ganti carbon brush atau pasang kembali soket terminal jika terlepas.
3.  Lampu indikator tidak menyala, tetapi aki menjadi lemah dan sering terdengar suara mendecit.
Penyebab : Tali kipas kendur, sehingga putaran alternator kurang maksimal.
Tindakan : Kencangkan tali kipas dengan wajar, tidak perlu terlalu kencang.
Untuk menjaga keawetan alternator dan meningkatkan kualitas kerjanya bisa ditambahkan kabel ground pada alternator untuk meningkatkan kualitas groundingnya, atau pasang voltage stabilizer XCS3 pada alternator. Pemasangan voltage stabilizer pada alternator dalam praktiknya terbukti bisa meningkatkan kinerja alternator dan seluruh sistem pengisian dengan lebih baik.
Demikian keterangan dari zoya rental medan mengenai fungsi, cara kerja, dan cara merawat alternator agar awet. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar