Selasa, 27 September 2016

FAKTA-FAKTA SANGAT MENGEJUTKAN MOBIL BALAP F1
ADA APA KAH DIBALIK TOMBOL KEMUDI MOBIL F-1 INI


Formula 1 adalah balapan mobil terkenal di dunia yang berisi tentang hal tercanggih yang ada baik dalam hal teknologi maupun aspek lainnya. Sehingga jangan heran bila anda menemukan fakta-fakta menarik tentang Mobil Formula 1 yang mungkin akan membuat anda tercengang. Berikut ini adalah fakta-fakta mengenai F1: 

1. Mobil F1 dapat melaju dari 0 hingga 160 km/jam dan kembali lagi ke 0 hanya dalam waktu 4 detik

2.
 Mesin F1 hanya bertahan untuk balapan selama 2 jam sebelum mesin tersebut meledak, untuk mobil pasaran biasanya dapat bertahan hingga 20 tahun

3. Mesin F1 umumnya berputar hingga 18000 rpm yang artinya piston bergerak naik turun 300 kali sedetik

4.
 Mobil F1 terdiri dari 80.000 komponen, bila mobil tersebut dirakit dengan akurasi hanya 99,9% mobil masih dapat berjalan tetapi dengan 80 kesalahan perakitan

5. Desain aerodinamika dan downforce (gaya tekan ke bawah) mobil F1 sangat penting, bahkan pesawat kecil dapat terbang dengan kecepatan lebih rendah daripada mobil F1



6. Tanpa sistem aerodinamika dan downforce yang baik,
 mobil F1 dapat kehilangan kontrol dan terjadi wheel spin (roda berputar tetapi mobil tetap di tempat) pada kecepatan hanya 160 km/jam padahal umumnya mobil F1 memiliki kecepatan lebih dari 300 km/jam

7. Gaya downforce yang dihasilkan sayap depan dan belakang mobil F1 sangat hebat. Saat melaju lebih dari 160 km/jam, mobil F1 dapat menghasilkan gaya tekan ke bawah sama dengan berat mobil tersebut

8. Pada balapan jalan raya seperti GP Monaco, downforce
 mobil F1 memiliki kemampuan untuk mengangkat penutup lubang got. Makanya, penutup lubang got harus dilas terlebih dahulu sebelum pertandingan

9. Ban mobil normal dapat bertahan 60.000 - 10.000 km, sedangkan ban balap F1 didesain hanya bertahan untuk 90 - 120 km saja

10. Selama balapan, ban balap kehilangan beratnya sekitar 0.5 kg karena aus



11. Ban F1 untuk kondisi sirkuit kering mencapai puncak performanya (grip terbaiknya) ketika temperaturnya mencapai 900 - 1200 derajat Celcius. Pada kecepatan maksimalnya, ban F1 berputar 50 kali sedetik

12. Udara yang digunakan untuk kebanyakan ban balap adalah Nitrogen karena memiliki tekanan yang lebih konstan dibanding udara biasa. Udara biasa umumnya memiliki uap air yang dapat mengakibatkan tekanan tidak stabil saat temperatur meningkat

13. Cakram rem F1 memiliki temperatur operasi sekitar 1000 derajat Celsius sampai mobil sebelum berbelok, cakram tersebut terbuat dari serat karbon yang bersifat lebih keras dan lebih tahan aus dari pada cakram besi baja





14. Saat mengerem, perlambatan yang dialami oleh
 pembalap F1 sama seperti mobil umum mengalami tabrakan dengan tembok pada kecepatan 300 km/jam

15. Jika selang air sistem pendingin tiba-tiba meledak, seluruh air sistem pendingin akan habis hanya dalam jangka waktu satu detik

16. Mobil F1 memiliki sistem kabel sepanjang satu kilometer, menghubungkan sekitar 100 sensor dan aktuator yang memantau dan mengontrol bagian-bagian mobil

17. Sistem pengisian bahan bakar F1 dapat menyuplai 12 liter bahan bakar sedetik, artinya Anda hanya butuh waktu 4 detik untuk mengisi tangki mobil umum dengan kapasitas 50 liter. Sistemnya sama dengan alat yang digunakan oleh pengisian bahan bakar helikopter milter Amerika Serikat

18. Kru F1 terlatih dapat mengisi bahan bakar dan mengganti ban hanya dalam waktu 5 detik

19. Gearbox mesin F1 hanya digunakan sekali untuk balapan dan diganti secara periodik untuk menghindari kegagalan

20. Rata-rata pembalap F1 kehilangan berat badan hingga 4 kg setelah sekali balapan


Dengan semua data-data di atas, F1 menjadi Mobil yang luar biasa kencang. Ada dua sisi yang menyertai segala kehebatan mobil F1 tersebut :
 

Pertama, karena sangat cepat mobil-mobil F1 amat membahayakan bila terjadi kecelakaan. Maka untuk meminimalisasi, dibuatlah berbagai regulasi yang bertujuan mengurangi resiko kecelakaan, diantaranya dengan membatasi kekuatan / putaran mesin.
 

Kedua,
 Mobil F1 amat sangat mahal. Hantaman krisis keuangan global beberapa waktu lalu, nyaris meruntuhkan pula otosport paling top ini. beberapa tim mundur karena tak mampu membiayai keikutsertaan mereka di F1.
"F1 memang olah raga ekstrim."

Sumber :red-gear.blogspot.com

DI BALIK TOMBOL KEMUDI MOBIL F-1

Kalian semua pasti sudah tidak asing lagi dengan tampilan dan bentuk dari
 mobil balap tercepat di planet kita, yah mobil Formula satu atau dapat disebut juga "Jetdarat".



Merupakan mobil yang berisikan dengan segudang teknolgi canggih. Sekarang mari ki semua untuk melihat tampilan dan fungsi dari semua tombol yang ada di balik kemudi Formula 1.




1. Tombol MSG OK
Merupakan tombol multifungsi digunakan untuk menset semua fungsi-fungsi yang terdapat didalam mobil.

2. Tombol Menu scroll buttons
Tombol ini berfungi sebagai tombol untuk memilih menu-menu yang ada didalam mobil.

3. Tombol Differential adjustment
Tombol ini berfungi untuk mengatur traksi dan grip pada ke empat roda, mengatur stabilitas pengereman dan juga mengatur sistim pada mobil pada saat berbelok.

4. Tombol Neutral switch
Tombol ini berfungi untuk mengatur kembali settingan mobil ke posisi normal.

5. Tombol Front wing switch
Tombol untuk mengatur dan menyesuaikan sudut sayap/bumper depan mobil untuk meningkatkan downforce.

6. Tombol Radio LED
Menyala dengan warna biru untuk menginformasikan kepada pengemudi tentang arahan-arahan dari pit.

7. Tombol Pit-to-car radio
Fungsi nya untuk mematikan dan menghidupkan fungsi komunikasi radio

8. Tombol Fuel mix adjustment
Mengatur campuran bahan bakar, baik untuk memelihara atau meningkatkan performa mesin, sesuai dengan yang diperlukan.

9. Tombol Throttle map override
Mengatur katup mesin dan juga menyesuaikan dengan karakteristik yang sesuai dengan kondisi lintasan.

10. Tombol Overtake button
Mengatur dan meningkatkan kecepatan mesin dalam sekejap ke posisi maksimal yaitu 18.000 rpm. Kecepatan ini dibutuhkan pada saat pembalap akan menyalip.

11. Tombol Pitlane speed limiter
Mematikkan dan menghidupkan fungsi tombol pengontrol kecepatan pada saat berada di pitlane, seperti yang sobat semua ketahui bahwa didalam pitlane kecepatan mobil harus dikurangi apabila tidak di taati maka akan dikenai hukuman.

12. Tombol Engine breaking level
Tombol ini difungsikan pada saat keadaan lintasan basah, yang bermanfaat untuk meningkatkan stabilitas belakang roda belakang mobil.

13. Tombol Tyre configuration
Tombol yang berfungsi untuk mengoptimalkan pengaturan ban dan juga berfungsi untuk mengaktifkan lampu belakang pada saat keadaan hujan.

14. Tombol Master multifunction switch

Memungkinkan pengemudi untuk mengakses sejumlah pengaturan
 sistem mesin mobil, kendali sayap depan/belakang, kendali "aero" yang berfungsi yang memantau dan memaksimalkan aliran udara mobil.

Sebagai tambahan,
 harga untuk satu buah stir / kemudi mobil balap F1 adalah Rp. 368 juta.




1. Mobil F1 dapat melaju dari 0 hingga 160 km/jam dan kembali lagi ke 0 hanya dalam waktu 4 detik

2.
 Mesin F1 hanya bertahan untuk balapan selama 2 jam sebelum mesin tersebut meledak, untuk mobil pasaran biasanya dapat bertahan hingga 20 tahun

3. Mesin F1 umumnya berputar hingga 18000 rpm yang artinya piston bergerak naik turun 300 kali sedetik

4.
 Mobil F1 terdiri dari 80.000 komponen, bila mobil tersebut dirakit dengan akurasi hanya 99,9% mobil masih dapat berjalan tetapi dengan 80 kesalahan perakitan

5. Desain aerodinamika dan downforce (gaya tekan ke bawah) mobil F1 sangat penting, bahkan pesawat kecil dapat terbang dengan kecepatan lebih rendah daripada mobil F1


6. Tanpa sistem aerodinamika dan downforce yang baik,
 mobil F1 dapat kehilangan kontrol dan terjadi wheel spin (roda berputar tetapi mobil tetap di tempat) pada kecepatan hanya 160 km/jam padahal umumnya mobil F1 memiliki kecepatan lebih dari 300 km/jam

7. Gaya downforce yang dihasilkan sayap depan dan belakang mobil F1 sangat hebat. Saat melaju lebih dari 160 km/jam, mobil F1 dapat menghasilkan gaya tekan ke bawah sama dengan berat mobil tersebut

8. Pada balapan jalan raya seperti GP Monaco, downforce
 mobil F1 memiliki kemampuan untuk mengangkat penutup lubang got. Makanya, penutup lubang got harus dilas terlebih dahulu sebelum pertandingan
 


9. Ban mobil normal dapat bertahan 60.000 - 10.000 km, sedangkan ban balap F1 didesain hanya bertahan untuk 90 - 120 km saja

10. Selama balapan, ban balap kehilangan beratnya sekitar 0.5 kg karena aus


11. Ban F1 untuk kondisi sirkuit kering mencapai puncak performanya (grip terbaiknya) ketika temperaturnya mencapai 900 - 1200 derajat Celcius. Pada kecepatan maksimalnya, ban F1 berputar 50 kali sedetik

12. Udara yang digunakan untuk kebanyakan ban balap adalah Nitrogen karena memiliki tekanan yang lebih konstan dibanding udara biasa. Udara biasa umumnya memiliki uap air yang dapat mengakibatkan tekanan tidak stabil saat temperatur meningkat

13. Cakram rem F1 memiliki temperatur operasi sekitar 1000 derajat Celsius sampai mobil sebelum berbelok, cakram tersebut terbuat dari serat karbon yang bersifat lebih keras dan lebih tahan aus dari pada cakram besi baja





14. Saat mengerem, perlambatan yang dialami oleh
 pembalap F1 sama seperti mobil umum mengalami tabrakan dengan tembok pada kecepatan 300 km/jam

15. Jika selang air sistem pendingin tiba-tiba meledak, seluruh air sistem pendingin akan habis hanya dalam jangka waktu satu detik

16. Mobil F1 memiliki sistem kabel sepanjang satu kilometer, menghubungkan sekitar 100 sensor dan aktuator yang memantau dan mengontrol bagian-bagian mobil

17. Sistem pengisian bahan bakar F1 dapat menyuplai 12 liter bahan bakar sedetik, artinya Anda hanya butuh waktu 4 detik untuk mengisi tangki mobil umum dengan kapasitas 50 liter. Sistemnya sama dengan alat yang digunakan oleh pengisian bahan bakar helikopter milter Amerika Serikat

18. Kru F1 terlatih dapat mengisi bahan bakar dan mengganti ban hanya dalam waktu 5 detik

19. Gearbox mesin F1 hanya digunakan sekali untuk balapan dan diganti secara periodik untuk menghindari kegagalan

20. Rata-rata pembalap F1 kehilangan berat badan hingga 4 kg setelah sekali balapan


Dengan semua data-data di atas, F1 menjadi Mobil yang luar biasa kencang. Ada dua sisi yang menyertai segala kehebatan mobil F1 tersebut :
 

Pertama, karena sangat cepat mobil-mobil F1 amat membahayakan bila terjadi kecelakaan. Maka untuk meminimalisasi, dibuatlah berbagai regulasi yang bertujuan mengurangi resiko kecelakaan, diantaranya dengan membatasi kekuatan / putaran mesin.
 

Kedua,
 Mobil F1 amat sangat mahal. Hantaman krisis keuangan global beberapa waktu lalu, nyaris meruntuhkan pula otosport paling top ini. beberapa tim mundur karena tak mampu membiayai keikutsertaan mereka di F1.
"F1 memang olah raga ekstrim."

Sumber :red-gear.blogspot.com

DI BALIK TOMBOL KEMUDI MOBIL F-1

Kalian semua pasti sudah tidak asing lagi dengan tampilan dan bentuk dari
 mobil balap tercepat di planet kita, yah mobil Formula satu atau dapat disebut juga "Jetdarat".

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhVBfJrSgVj3z6UieP-ATzeN1MC9DcW19oTiUkhCdXKrBxadzybOIzfBNEsKE8AEip145WJJsM8wT3VBRen5lGzPYm0rPN4OYz9JYSlNjEsPY5E2mSw-wNUScxlzDNJCqbTszK8sqAXJfPJ/s400/A.jpg

Merupakan mobil yang berisikan dengan segudang teknolgi canggih. Sekarang mari ki semua untuk melihat tampilan dan fungsi dari semua tombol yang ada di balik kemudi Formula 1.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjE-T0GYz63EWsHyEQRKufloB_9UYtn5U8VcTCyoOB4goCzDmpNFFg1d-JUd95AH6oQGolT-1GUAhAPqcmecCYX-kJaOWep0EoIvhSm4fzQAFlpSH0fHpSjecjIesWNG8Q2XBkPuIoNHcee/s400/B.jpg


1. Tombol MSG OK
Merupakan tombol multifungsi digunakan untuk menset semua fungsi-fungsi yang terdapat didalam mobil.

2. Tombol Menu scroll buttons
Tombol ini berfungi sebagai tombol untuk memilih menu-menu yang ada didalam mobil.

3. Tombol Differential adjustment
Tombol ini berfungi untuk mengatur traksi dan grip pada ke empat roda, mengatur stabilitas pengereman dan juga mengatur sistim pada mobil pada saat berbelok.

4. Tombol Neutral switch
Tombol ini berfungi untuk mengatur kembali settingan mobil ke posisi normal.

5. Tombol Front wing switch
Tombol untuk mengatur dan menyesuaikan sudut sayap/bumper depan mobil untuk meningkatkan downforce.

6. Tombol Radio LED
Menyala dengan warna biru untuk menginformasikan kepada pengemudi tentang arahan-arahan dari pit.

7. Tombol Pit-to-car radio
Fungsi nya untuk mematikan dan menghidupkan fungsi komunikasi radio

8. Tombol Fuel mix adjustment
Mengatur campuran bahan bakar, baik untuk memelihara atau meningkatkan performa mesin, sesuai dengan yang diperlukan.

9. Tombol Throttle map override
Mengatur katup mesin dan juga menyesuaikan dengan karakteristik yang sesuai dengan kondisi lintasan.

10. Tombol Overtake button
Mengatur dan meningkatkan kecepatan mesin dalam sekejap ke posisi maksimal yaitu 18.000 rpm. Kecepatan ini dibutuhkan pada saat pembalap akan menyalip.

11. Tombol Pitlane speed limiter
Mematikkan dan menghidupkan fungsi tombol pengontrol kecepatan pada saat berada di pitlane, seperti yang sobat semua ketahui bahwa didalam pitlane kecepatan mobil harus dikurangi apabila tidak di taati maka akan dikenai hukuman.

12. Tombol Engine breaking level
Tombol ini difungsikan pada saat keadaan lintasan basah, yang bermanfaat untuk meningkatkan stabilitas belakang roda belakang mobil.

13. Tombol Tyre configuration
Tombol yang berfungsi untuk mengoptimalkan pengaturan ban dan juga berfungsi untuk mengaktifkan lampu belakang pada saat keadaan hujan.

14. Tombol Master multifunction switch

Memungkinkan pengemudi untuk mengakses sejumlah pengaturan
 sistem mesin mobil, kendali sayap depan/belakang, kendali "aero" yang berfungsi yang memantau dan memaksimalkan aliran udara mobil.

Sebagai tambahan,
 harga untuk satu buah stir / kemudi mobil balap F1 adalah Rp. 368 juta.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar